Pengertian ilmu kimia secara detail

Secara garis besar ilmu kimia adalah cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari tentang materi, dimana materi itu adalah sesuatu yang mempunyai massa atau volume dan menempati ruang. Sehingga dapat dikatakan ilmu kimia adalah pengetahuan yang mencakup semua aspek kehidupan karena dalam alam semesta ini hampir semuanya tersusun dari materi dan semua materi mempunya komponen yang menyusunnya dan ilmu kimia adalah salah satu ilmu yang menganalisis komponen materi tersebut.

 Jadi dapat disimpulkan bahwa:
KIMIA adalah ilmu yang mempelajari tentang komposisi, struktur, sifat, dan perubahan suatu materi dimana materi tersebut dapat berupa atom, zat, unsur, molekul, dan senyawa. Ilmu kimia sangat erat kaitannya dengan permasalahan-permasalahan sifat suatu unsur dan atom, bagaiaman pembentukan suatu senyawa, bagaimana atom berikatan satu sama lainnya, apa kegunaan dari suatu material, bagaimana reaksi yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan manusia, bagaimana zat maupun dapat bermanfaat dalam mahluk hidup, bagaimana zat maupun senyawa dapat merusak mahluk hidup dan senyawa juga dapat rusak karena interaksi dengan senyawa lainnya. 

Oleh karena luasnya bahasan yang termasuk dalam ruang lingkup kimia, maka para ahli menyebut ilmu kimia sebagai central science” atau pusat dari ilmu pengetahuan. Ilmu kimia merupakan dasar ilmu yang dapat menjembatani semua ilmu pengetahuan alam, seperti biologi, fisika, geologi bahkan astronomi.Secara epistimologi definisi dari ilmu kimia ini berasal dari kata bahasa arab “alkemi” yang bermakna seni menyepuh logam dan mineral. Jadi ilmu kimia ini merupakan ilmu yang telah dikembangkan di daerah arab kuno jauh sebelum peradaban di eropa menjadi maju.

Dalam kehidupan dunia ini manusia tidak bisa lepas dari yang namanya kimia karena semua materi tersusun dari unsur maupun senyawa kimia, adapun orang yang mengatakan "jangan mengkomsusmsi bahan yang mengandung zat kimia", perkataan itu sangatlah salah karena sebenarnya kita sering berhubungan atau berinteraksi dengan bahan kimia baik alam maupun sintesis (buatan) bahkan dapat dikatakan bahwa mahluk hidup akan mati jika tidak mengkomsumsi atau berinteraksi dengan senyawa maupun unsur kimia. 

Salah satu contoh kehidupan bahwa kita tidak lepas dari bahan kimia adalah manusia menghirup oksigen, manusia meminum air dimana komponen air adalah H2O, manusia memakai pakaian dimana tersusun dari senyawa organik maupun senyawa kompleks yang membuat baju itu dapat berwarna, manusia tidak meminum obat dokter karena katanya banyak zat kimia padahal jika dia memilih herbal tetap saja itu juga senyawa kimia karena tersusun dari senyawa organik tapi bedanya satu obat sintesis dan herbal langsung diambil dari alam tanpa penambahan pereaksi lainnya. jadi masih ingin menghindari bahan kimia ? jika masih artinya anda tidak mau hidup di dunia ini, hehehehe. semoga anda paham dengan penjelasan penulis tentang apa yang dimaksud dengan ilmu kimia, keep enjoy dan jangan pernah bosan untuk membaca :).

Comments

Popular posts from this blog

Pembuatan Larutan NaOH 50%

Penentuan Kadar NaCl dalam Garam Dapur (FAYANS)

Penentuan Kadar NaCl dalam Garam Dapur (VOLHARD)