Pembuatan Larutan AgNO3 0.05 N



A. DASAR PRINSIP 
Dengan mengetahui jumlah zat terlarut dan pelarut , konsentrasi larutan dapat diketahui

B. LANDASAN TEORI
PEMBUATAN PERAK NITRAT (AgNO3)

Perak nitrat merupakan senyawa anorganik dengan rumus kimia AgNO3. senyawa ini adalah prekursor serba guna untuk banyak senyawa perak lainnya. seperti yang digunakan pada fotografy. hal ini jauh lebih sensitif terhadap cahaya dari halida. hal ini pernah disebut lunar kuastik karena perak sering disebut lunak oleh para ahli alkimia kuno , karena mereka percaya perak yang dikaitkan dengan bulan satu. 
penemuan albertus magnus pada abat 13 didokumentasikan kemampuan asam nitrat untuk melarutkan emas 
dan perak yang terpisah dengan melarutkan perak. magnus mencatat bahwa solusi yang dihasilkan dari perak nitrat bisa menghitamkan kulit.

Namun umum yang pada saat itu dengan perak asam nitrat . perak nitrat dapat dibuat dengan perak bereaksi
seperti emas perak atau foil perak, dengan asam nitrat , menghasilkan perak nitrat, air dan oksida nitrogen.

REAKSINYA :
3 Ag + 4HNO3  = 3 AgNO3 + 2 H2O + NO
3 Ag + 6 HNO3 = 3 AgNO3 + 3H2O + 3 NO2
Reaksi ini dilakukan di dalam lemari asam karena oksida nitrogen beracun berevolusi selama reaksi . reaksi reaksi khas dengan perak nitrat adalah untuk menangguhkan batang tembaga dalam larutan perak nitrat dan dibiarkan selama beberapa jam . para perak nitrat bereaksi dengan tembaga untuk membentuk kristal mirip rambut dari logam perak dan solusi biru nitrat tembaga :
2AgNO3 + CU = CU(NO3)2 + 2 Ag 
  perak nitrat juga terurai bila 
2AgNO3 = 2 Ag + O2 + 2 NO2
Logam yang paling perak netral terurai menjadi oksida masing - masing , tetapi oksida perak terurai pada suhu lebih rendah dari perak nitrat , perak sebagai unsur gantinya . penggunaan prekusor untuk senyawa perak lainnya perak nitrat adalah paling mahal dibandingkan perak saja , ia menawarkan beberapa keuntungan lainnya juga . 
ini adalah non higroskopis ,  berbeda dengan fluoroborate perak dan perklorat . hal ini relatif stabil terhadap cahaya . akhirnya , larut dalam pelarut banyak . termasuk air . nitrat dapat dengan mudah digantihkan oleh ligan lain. rendering AGNO3 serba guna . pengobatan dengan solusi ion halida memberikan endapan agx (xcl,br,i). ketika membuat film fotographi , perak nitrat diobati dengan garam halida natrium atau kalium untuk membentuk perak halida atau larut disitu di fotographi glatin , yang kemudian diterapkan pada saat tri asetat atau poiyester. 
 REAKSI :
2AgNO3 +2 NaOH = Ag2O + 2 NaNO3 + H2
 standarisasi larutan agno3 dengan nacl merupakan titrasi yang termasuk dalam presipitimetri jenis argentometri .
PERHITUNGAN : 
Gram AgNO3 = N . L . BE 

DIMANA 

N = NORMALITAS AgNO3
L= LITER AgNO3
BE = BOBOT EQIVALEN AgNO3


Comments

Popular posts from this blog

Pembuatan Larutan NaOH 50%

Penentuan Kadar NaCl dalam Garam Dapur (FAYANS)

Penentuan Kadar NaCl dalam Garam Dapur (VOLHARD)